2 Cara Bikin Paspor Baru

SeribuCara – Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Adakalanya pula sebuah paspor mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu. Sebagai contoh, dahulu pemegang paspor Indonesia sempat dilarang berkunjung ke negara Israel dan Taiwan.

Saat ini beberapa negara telah mengeluarkan apa yang disebut e-paspor atau elektronik paspor. E-paspor merupakan pengembangan dari paspor kovensional saat ini di mana pada paspor tersebut telah ditanamkan sebuah chip yang berisikan biodata pemegangnya beserta data biometrik-nya.

Data biometrik ini disimpan dengan maksud untuk lebih meyakinkan bahwa orang yang memegang paspor adalah benar orang yang memiliki dan berhak atas paspor tersebut.

Paspor biasanya diperlukan untuk perjalanan internasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara, walaupun di negara tertentu ada beberapa perjanjian di mana warga suatu negara tertentu dapat memasuki negara lain dengan dokumen selain paspor. Paspor akan diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Beberapa pemerintahan berusaha mengontrol pergerakan warganya dan warga asing di negara mereka dengan menerbitkan “paspor internal”. Misalnya di bekas negara Uni Soviet, untuk setiap warganegaranya diterbitkan sebuah “propiska” untuk mengontrol pergerakan mereka di seluruh wilayah negara tersebut. Sistem ini sebagiannya masih diterapkan di Rusia.

Cara Membuat Paspor di Indonesia

Berikut adalah beberapa syarat pembuatan paspor yang wajib anda bawa:

  • E-ktp dan fotokopian
  • Akta kelahiran
  • Materai
  • Surat nikah (jika sudah menikah)
  • Ijazah terakhir yang ditempuh atau surat baptis asli dan fotokopi (hanya memilih salah satu yang didalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir dan nama orang tua)
  • Kartu keluarga dan fotokopi.

Pembuatan Paspor Baru Dengan Cara Manual

Salah satu pembuatan paspor yang mungkin dapat anda pilih adalah cara manual. Berikut adalah tata cara pembuatan paspor secara manual.

Syarat Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru di Tahun 2018. Datang ke kantor imigrasi setempat yag ada di wilayah kota atau kabupaten di tempat anda tinggal. Usahakan datang ke kantor imigrasi lebih pagi sebelum pukul 12.00 siang karena jumlah pemohon hanya dibatasi untuk 200 orang dalam satu harinya.

Jangan lupa untuk membawa seluruh persyaratan yang diperlukan.

Jika telah sampai di kantor imigrasi, mulai lah dengan mengisi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan paspor kantor imigrasi. Pastikan anda telah mengisi data sesuai dengan informasi yang ada pada dokumen resmi.

Isi formulir pendaftaran hingga selesai dan serahkan kepada loket pembuatan paspor baru.Lalu anda akan diberikan bukti serah terima dan anda akan diberikan jadwal untuk sidik jari dan foto.

Setelah ini anda harus melewati proses pengambilan sidik jari dan foto. Tahan yang ini juga termasuk dalam tahap wawancara. Dokumen asli dan keterangan yang anda tulis dalam formulir akan diverifikasi ketika wawancara.

Jika semua tahapan ini telah selesai anda lalui. kemudian anda akan melakukan pembayaran setelah semua proses selesai. Jika sudah anda dapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan dapat diambil.

Pembuatan Paspor Baru Dengan Cara Online

Syarat Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru di Tahun 2018. Bagi anda yang ingin menghindari antrian panjang dapat beralih pada pembuatan paspor secara online. Cara online ini tentunya lebih praktis dan juga tidak memakan banyak waktu. Berikut adalah tata cara pembuatan paspor baru dengan cara online.

  • Unduhlah aplikasi Antrian Paspor Online resmi.
  • Daftarkan diri anda dengan mengisi identitas yang tertera pada aplikasi tersebut. Jika telah mendaftar, akun akan diverifikasi melalui email. Jadi pastikan dahulu email yang anda daftar benar dan juga akif. Agar tidak menghambat proses pembuatan paspor.
  • Login kembali dengan akun anda yang telah terverifikasi.
  • Pilihlah kantor imigrasi terdekat.
  • Lengkapi data permohonan antri paspor tersebut dan data tersebut biasanya meliputi tanggal rencana pengurusan paspor.
  • Sebaiknya cek kembali jadwal antri yang anda ajukan, apakah telah disetujui atau belum.

Jika telah disetujui, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan permohonan yang anda ajukan dan jadwal yang tertera. Tunjukan pada petugas barcode ketika anda datang ke kantor. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga anda mendapatkan bukti cetak noomor urut panggilan.

Tunggu hingga anda mendapatkan panggilan lalu serahkan berkas persyarat tersebut dan lakukan pembayaran. Tunggu sampai semua proses berhasil dilakukan.

 

———————

Sumber: Wikipedia | Indonesia.Go.Id

Leave a Reply