3 Tips Praktis Belajar Mengendarai Mobil Manual

Dari sekian banyak tips ada satu yang sering disepelekan bahkan terkesan dilupakan oleh para pengemudi. Mengatur posisi duduk adalah tips tersebut. Padahal pengaruhnya sangat besar, seperti menginjak rem, mengaplikasikan pedal, dan lain sebagainya.

 

 

 

SeribuCara – Mengendarai mobil manual memanglah lebih menguras tenaga karena membutuhkan pelatihan yang cukup lama. Namun siapapun bisa melakukannya jika ada niat dan tekad dalam dirinya. Salah satunya dengan menerapkan cara mengendarai mobil manual supaya perjalanan menjadi nyaman dan aman.

  1. Mengatur posisi duduk

Dari sekian banyak tips ada satu yang sering disepelekan bahkan terkesan dilupakan oleh para pengemudi. Mengatur posisi duduk adalah tips tersebut. Padahal pengaruhnya sangat besar, seperti menginjak rem, mengaplikasikan pedal, dan lain sebagainya.

Untuk itu sebagai seorang pemula Anda wajib memperhatikan poin pertama ini jika ingin mengendarai mobil dengan nyaman. Usahakan Anda juga memasang sabuk pengaman agar anggota tubuh tidak mudah bergerak kesana kemari saat proses berkendara.

  1. Mengenali semua fitur yang dimiliki mobil

Cara mengendarai mobil manual yang berikutnya adalah mengenali semua fitur yang dimiliki oleh mobil. Misalnya saja tempat pedal, rem, dan kopling karena ketiga komponen tersebut sangatlah penting. Jangan sampai tertukar fungsi saat berkendara karena itu sangat membahayakan.

Tak hanya itu saja Anda juga harus mengenal letak dari tombol lambu sign, klakson dan posisi perpindahan perseneling. Jika sudah memahaminya Anda akan lebih mudah mengoperasikan mobil di jalan raya.

  1. Memahami pedal yang terdapat pada kendaraan

Pada dasarnya setiap mobil pasti mempunyai pedal dengan kegunaan yang berbeda-beda. Untuk itulah kenapa Anda harus memahami tempat masing-masing pedan beserta fungsinya. Sebab ada beberapa pengemudi pemula yang mengalami kecelakaan karena kurang mengerti hal ini.

Untuk pedal di kaki kiri berguna sebagai kopling, sedangkan tengah untuk rem dan kanan adalah gas. Kopling sendiri berfungsi sebagai pemutus putaran roda dan mesin yang salin berkaitan satu sama lain.

Jadi padi intinya untuk bisa mengendarai mobil manual dengan baik dan nyaman Anda harus benar-benar memahami perputaran mesin, transmisi, kopling, dan roda. Simpel memang tapi butuh belajar untuk menguasainya.

Menjadi seorang pengemudi mobil memanglah bisa dipelajari. Namun tanpa adanya cara mengendarai mobil manual Anda tidak akan bisa mengendalikan mobil secara sempurna di aspal. Jadi utamakan belajar, dan berhati-hatilah saat berkendara.

Leave a Reply