5 Langkah Praktis Menggunakan Aplikasi Zoom

Zoom menjadi salah satu pelopor yang dengan cepat langsung menyediakan konferensi video jarak jauh selama COVID-19 melanda dunia.

 

SeribuCara – Wabah virus corona yang melanda dunia memaksa orang-orang untuk melakukan isolasi diri sementara waktu. Akibatnya, banyak kantor yang harus ‘meliburkan’ karyawannya supaya tidak perlu datang ke kantor lagi. Akan tetapi, bukan berarti para karyawan bisa liburan, mereka tetap harus bekerja dengan konsep work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Tidak hanya kantor dan perusahaan, banyak pula kampus yang meliburkan mahasiswanya agar belajar secara online dari rumah saja. Tentu saja dibutuhkan teknologi penunjang untuk membantu mereka semua bekerja atau belajar dari rumah agar memudahkan proses penyampaian informasi.

Salah satu metode yang diterapkan adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan konferensi video jarak jauh. Sebenarnya bukan hanya Zoom saja yang bisa menyediakan layanan video, melainkan juga Google Hangouts dan BlueJeans. Tapi tetap saja, kebanyakan kantor dan kampus menggunakan Zoom agar pengguna bisa mendapatkan layanan video yang gratis.

Terlebih, Zoom juga menjadi salah satu pelopor yang dengan cepat langsung menyediakan konferensi video jarak jauh selama COVID-19 melanda dunia. Masih bingung cara menggunakannya? Wajar sih jika kamu asing dengan aplikasi ini. Berikut beberapa langkah mudah untuk menggunakan aplikasi Zoom di PC maupun melalui smartphone!

1. Buka Zoom melalui browser
Melansir Business Insider, cara paling mudah dan paling enak untuk menggunakan layanan video aplikasi Zoom adalah melalui browser PC. Segera buka browser pilihanmu dan kunjungi website dari Zoom.

Kemudian, sama halnya seperti ketika kamu menggunakan Gmail, Twitter, Facebook, dan lain-lain untuk pertama kalinya, kamu harus membuat akun Zoom terlebih dahulu. Setelah membuat akun, langsung login dan klik ‘My Account’ untuk melihat akunmu secara detail.

2. Bisa menjadwalkan, bergabung, dan memimpin rapat
Ketika sudah melakukan proses login, kamu akan menemukan tiga pilihan di paling atas layar, yakni ‘schedule’ (menjadwalkan), ‘join’ (bergabung), dan ‘host’ (memimpin) rapat di Zoom. Pilihlah sesuai kebutuhan kamu, jika belum ingin melaksanakan rapat sekarang, klik ‘schedule’. Kalau ingin segera bergabung dengan rapat yang sudah ada, pilih ‘join’.

Khusus ‘join’ untuk bergabung ke dalam rapat, kamu tidak bisa sembarang masuk. Kamu harus memiliki ‘Meeting ID’ atau sebuah nama agar bisa bergabung ke dalam rapat online tersebut. Berbeda dengan ‘host’ di mana kamu yang menjadi tuan rumah alias memimpin rapat sehingga kamu lah yang membuat ‘room’-nya.

3. Ubah profil
Di sebelah kiri, kamu akan menemukan banyak pilihan, termasuk yang paling penting yaitu ‘Profile’. Di sinilah kamu dapat mengubah gambar profil kamu, mengedit email, mengubah kata sandi (password), dan membuat perubahan lain di bagian pengaturan profil ini.

Selain itu, di bagian bawah layar kamu juga akan menemukan opsi untuk melakukan logout akun Zoom kamu. Tidak hanya me-logout akun Zoom di PC, kamu juga bisa sekaligus me-logout akun Zoom di hp kamu.

4. Fitur lain seperti webinars dan recordings
Tidak hanya opsi ‘Profile’, di sebelah kiri kamu juga akan menemukan opsi lain seperti ‘Webinars’ dan ‘Recordings’. Sayangnya, fitur webinars hanya bisa diaktifkan jika kamu membayar akun, sedangkan langkah yang kamu ikuti sedari awal adalah akun Zoom gratis.

Untuk ‘Recordings’ atau rekaman, kamu bisa mengaktifkannya secara gratis. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, bukan hanya kamu saja yang rekamannya menjadi aktif, melainkan juga partisipan lain yang tergabung ke dalam rapat online.

5. Upgrade akun kalau tertarik menggunakan Zoom lebih lanjut
Kamu juga akan menemukan pengaturan lebih lanjut di bagian bawah panel kiri, termasuk mengelola pengguna dan room. Kamu juga dapat meng-upgrade akun di bawah ‘Billing’, atau mengelola informasi pembayaran kamu jika telah melakukan upgrade akun ke Pro, Business, atau Enterprise.

 

 

 

———-

Sumber: IDN Times

Leave a Reply