6 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Hal pertama yang sangat mudah dalam cara membedakan Lovebird jantan dan betina adalah melihat ukuran tubuhnya.

 

 

 

SeribuCara – Burung Lovebird atau Burung Cinta sangat sering dijumpai pada alam liar di kawasan Indonesia dan selalu dilirik komunitas sebagai peliharaan yang unik. Sebagai pecinta burung, tidak hanya mengerti cara merawatnya saja, namun Anda juga wajib mengetahui cara membedakan Lovebird jantan dan betina.

Ukuran tubuh

Hal pertama yang sangat mudah dalam cara membedakan Lovebird jantan dan betina adalah melihat ukuran tubuhnya. Jika burung berkelamin jantan maka tubuhnya akan cenderung lebih kecil daripada sang betina. Sedangkan untuk ukuran kepalanya jantan lebih cepak dan betina melengkung.

Sayap

Pada dasarnya sayap memanglah tampak sama jika tidak diperhatikan secara seksama. Namun Anda jangan salah karena sayap dari Lovebird jantan lebih menyilang atau saling tindih. Sedangkan untuk Lovebird betina ujung sayapnya sejajar dan tidaklah menyilang layaknya jantan.

Paruh

Untuk membedakan mana Lovebird yang jantan dan betina Anda juga dapat melihat dari segi paruhnya. Umumnya yang jantan mempunyai paruh yang runcing dan kecil, tentu saja ini sangat berbeda dengan betina. Bagaimana tidak, paruh betina ukurannya besar dengan bentuk tumpul dan melebar.

Lubang hidung

Lubang hidung juga bisa menjadi pertanda dari kelamin Lovebird. Untuk mengetahuinya Anda dapat melakukan cara tiup hidung burung. Jika yang Anda lihat bentuknya lonjong, maka bisa dipastikan Lovebird tersebut adalah jantan. Sebaliknya jika bulat lebar maka Lovebird itu berjenis kelamin betina.

Ekor

Tak hanya berpatokan dengan cara di atas karena Anda bisa mencoba mengamati ekor dari Lovebird peliharaan. Untuk yang betina sendiri ekornya lebih lebar dan rata. Sementara itu untuk jantan akan lebih runcing dan sedikit lebih kecil.

Tulang pubis

Jarak di antara dua tulang pubis dapat menjadi ciri-ciri yang tak kalah mudah dipraktekkan. Silahkan Anda raba Lovebird dan jika tulang pubisnya terasa lebih menyempit itu tandanya jenis kelamin burung jantan. Akan tetapi apabila terasa lebih lebar dan elastis maka bisa dipastikan jika itu betina.

Itulah tadi penjelasan seputar cara membedakan Lovebird jantan dan betina yang dapat Anda praktekkan sendiri. Mengetahui informasi ini akan membantu Anda dalam menemukan pasangan Lovebird.

Leave a Reply