7 Cara Sederhana Mencegah Penggumpalan Darah Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda

Ilustrasi Darah

SeribuCara – Dengan seringnya kita duduk di depan komputer dan TV, siapa pun berisiko mengalami penggumpalan darah yang mengancam jiwa. Jika pembekuan ini terjadi di paru-paru atau jantung kita, mereka dapat menyebabkan komplikasi yang ekstrim.

Penggumpalan darah sendiri merupakan perubahan dari darah yang berbentuk cairan menjadi seperti gel atau semi padat. Pembekuan adalah proses yang diperlukan yang dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak darah dalam kasus tertentu, seperti ketika Anda terluka atau terpotong.

Tapi ketika gumpalan terbentuk di dalam salah satu pembuluh darah Anda, itu tidak akan selalu larut dengan sendirinya. Ini bisa menjadi situasi yang sangat berbahaya dan bahkan mengancam jiwa.

Namun, dengan melakukan hal yang tepat dalam cara kita makan, apa yang kita lakukan, dan apa yang kita kenakan setiap hari akan mengurangi kemungkinan pembekuan darah yang merusak kesehatan kita.

Berikut ini 10 cara sederhana yang bisa mencegah pembekuan darah yang berbahaya:

1. Kenakan Pakaian Longgar
Untuk mendorong sirkulasi yang sehat dalam tubuh, yang terbaik adalah menghindari mengenakan pakaian ketat. Karena gumpalan darah juga dapat muncul di kaki, skinny jeans sangat buruk untuk sirkulasi yang baik. Lebih baik memilih menggunakan celana panjang atau celana olahraga yang lebih nyaman untuk dipakai.

2. Olahraga Intensitas Tinggi
Untuk menghindari pembekuan darah, penting untuk tetap aktif dan menghindari duduk untuk waktu yang lama. Setiap jenis olahraga umumnya baik, tetapi rutinitas yang sangat baik adalah olahraga HIIT (High-intensity interval training), yang merupakan olahraga intensitas tinggi. Anda tidak hanya akan tetap bugar, tetapi latihan ini juga mendorong aliran darah yang sehat.

3. Berhenti Setiap 2 Jam Saat Mengemudi
Kita terbiasa menggunakan mobil untuk pergi ke mana-mana saat ini, yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Jika Anda akan berkendara lebih lama, pastikan Anda beristirahat secara teratur dan keluar dari mobil untuk meregangkan tubuh dan berjalan-jalan. Ini juga cara yang bagus untuk menikmati pemandangan.

4. Lenturkan dan Putar Jari Kaki dan Pergelangan Kaki Anda
Sebagian besar kita saat ini biasa menghabiskan waktu dengan duduk di tempat kerja, yang tentu saja ini melemahkan aliran darah di kaki kita. Anda dapat dapat memutar pergelangan kaki, melenturkan kaki, dan menggoyangkan jari-jari kaki untuk meningkatkan sirkulasi darah di area ini.

5. Kenakan Stocking Kompresi
Jika Anda tahu kaki Anda cenderung membengkak atau memiliki sirkulasi darah yang buruk, maka stocking kompresi mungkin cocok untuk Anda. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan warna, dan sangat membantu untuk meningkatkan aliran darah di kaki Anda di siang hari. Seorang dokter bahkan mungkin menyarankan Anda untuk memakai ini jika sirkulasi darah Anda tidak bagus.

6. Angkat Kaki Anda di Atas Jantung Saat Berbaring

Berbaring telentang, angkat kaki ke dinding. Hanya 6 inci di atas hati dan kepala Anda sudah cukup. Setelah seharian duduk atau berdiri tegak, latihan ini bagus untuk membuat darah mengalir melalui tubuh Anda daripada terjebak di kaki Anda.

7. Hindari Menyilangkan Kaki Saat Duduk
Mereka yang berisiko tinggi terhadap pembekuan darah harus mencoba dan menghindari menyilangkan kaki mereka saat duduk, terutama untuk jangka waktu yang lama. Pastikan Anda sering mengubah posisi dan jangan terlalu menekan kaki Anda. Yang terpenting, kita harus merasa nyaman dan santai sambil duduk.

 

————

Sumber: brightside.me | healthline.com | draxe.com

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "7 Cara Sederhana Mencegah Penggumpalan Darah Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda"