Cara Aman Mengerem Motor saat Kecepatan Tinggi

0 302

Pengendara harus memahami bagaimana cara melakukan pengereman yang aman saat sedang melaju di kecepatan tinggi.

 

SeribuCara – Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.

Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.

Dan sepeda motor zaman sekarang, dibekali mesin dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan spesifikasi tersebut, motor bisa melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Pada motor yang memiliki spesifikasi mesin 125cc hingga 150cc, kecepatan puncaknya bisa sedikit melebihi 100 kilometer per jam. Untuk mencapai kecepatan itu, waktu yang dibutuhkan relatif singkat.

Saat kondisi jalan lengang atau sedang melintas di area luar kota, tak jarang motor dipacu dengan kecepatan maksimal. Tujuan utamanya, mendapatkan sensasi dari berkendara.

Namun, bahaya bisa saja tiba-tiba muncul. Oleh sebab itu, pengendara harus memahami bagaimana cara melakukan pengereman yang aman saat sedang melaju di kecepatan tinggi.

Dilansir dari laman Wahana Honda, yang pertama harus dilakukan adalah memeriksa kondisi sekitar. Jangan mengebut, jika nantinya harus mengerem mendadak dan berpotensi menimbulkan kecelakaan beruntun.

Lalu, manfaatkan engine brake. Pada motor yang masih menggunakan sistem manual, hal ini bisa didapat dengan cara tidak menarik tuas kopling. Jika ditarik, maka motor akan meluncur tanpa ada hambatan dari mesin. Pada motor matik, buka sedikit tuas gas, karena engine brake akan aktif pada putaran mesin 2.000 rpm.

Jangan pernah mengaktifkan rem secara mendadak, saat motor dalam kondisi oleng. Motor justru semakin tidak seimbang, dan pengendara bisa terpelanting.

Terakhir, jangan langsung tarik atau injak tuas rem dalam-dalam. Teknik pengereman yang benar adalah dengan menekannya perlahan, sehingga sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna tanpa mengalami selip.

 

———
Sumber: Wikipedia | VIVA

Category: OtomotifTags:
No Response

Leave a reply "Cara Aman Mengerem Motor saat Kecepatan Tinggi"