Cara Atasi Ponsel Android Yang Lambat / Lemot

0 1061

Seribucara.info – Untuk cara mengatasi Ponsel Android Yang Lambat / Lemot perlu diketahui dahulu penyebabnya. Biasanya karena banyaknya aplikasi yang dibuka/berjalan. Bila anda merasa tidak membuka maka kemungkinan karena sebenarnya ada aplikasi yang terbuka secara otomatis.

Untuk mengatasinya maka lakukanlah hal dibawah ini :

1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di hp kita ini akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi itu, Anda bisa menggunakan aplikasi pada Playstore untuk menghapus Cache.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan performa kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Tutup aplikasi yang tidak anda gunakan sebelum membuka aplikasi lain

3. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Livewalpaper memang bisa memperindah tampilan ponsel android anda. Namun tanpa disadari hal tersebut justru akan membebani dan membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Untuk membantu mempercepat loading smartphone Anda maka disarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper ini. Gunakanlah image yang sederhana untuk wallpaper Android Anda agar kecepatan loadingnya stabil dan maksimal.

5. Instal Aplikasi di Memori External

Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Pindahkan aplikasi yang diinstal diperangkat android ke memory eksternal anda. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya.

7.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan memakan memory RAM sehingga ponsel anda menjadi lemot. Bukan hanya itu battrey ponsel andapun akan cepat terkuras.

8. Matikan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya.

9. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

10. Gunakanlah MicroSD

MicroSD biasa kita sebut juga dengan kartu memory. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega bagi perangkat pintar Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

11. Hapus SMS

Banyak sekali pengguna ponsel yang membiarkan jumlah Sms yang menumpuk. Padahal semakin banyak sms yang menumpuk itu justru akan memakan memory anda juga. Maka segera hapus sms yang menurut anda sudah tidak diperlukan lagi.

Demikianlah 11 cara mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot. Namun perlu diperhatikan bahwa Aplikasi yang berjalan biasanya akan membebani Ram. Bila cara diatas dianggap tidak berpengaruh itu mungkin karena Ram ponsel Android anda yang terlalu kecil. Solusinya ? ganti ponsel android dengan ponsel yang memiliki Ram besar 🙂

Category: Android
No Response

Leave a reply "Cara Atasi Ponsel Android Yang Lambat / Lemot"