Cara Lindungi Anak dari Pelecehan Seksual

0 1287

Seribucara – Cerita tragis mewarnai ibukota Jakarta pekan ini. Seorang bocah perempuan di Jakarta Barat ditemukan tewas mengenaskan di dalam kardus. Dia diduga menjadi korban kejahatan seksual.

Dalam hitungan hari, aparat kepolisian berhasil menangkap pelaku yang ternyata kenal dekat dengan korban. Sang pelaku menculik korban sepulang sekolah sebelum melakukan aksi bejat yang berujung pembunuhan.

Pengalaman tragis ini menjadi pelajaran berharga buat para orang tua untuk tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Berikut ini beberapa cara untuk para orang tua bagaimana melindungi anak dari pelecehan seksual:

1. Orang Dikenal
Dari sejumlah kasus pelecehan, biasanya pelaku tindakan pelecehan seksual adalah orang dekat. Sehingga para orang tua harus tetap selalu waspada dengan kehidupan sosial sang anak.

2. Perkenalkan Anggota Tubuh
Orang tua sejak dini harus mulai memperkenalkan berbagai anggota tubuh kepada anak. Dan ajarkan anggota tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

3. Ajarkan Berkata Tidak
Ajarkan kepada anak untuk berkata tidak terhadap tindakan orang dewasa yang membuatnya tidak nyaman. Ajarkan juga kepada anak bagaimana bereaksi jika seseorang melakukan sentuhan buruk.

4. Terbuka
Biasakan berkomunikasi dengan anak. Sehingga anak merasa nyaman dan akan berani bercerita ketika dia mengalami pengalaman mencurigakan atau yang tidak menyenangkan.

5. Naluri
Jika ada seseorang yang membuat anda para orang tua tidak nyaman, itu sudah cukup menjadi alasan untuk waspada dan menjauhkan andak anda dari orang itu. ‘Terkadang naluri kita benar terhadap seseorang,” psikolog dari Atalanta, Dr, Paula Bloom.

Category: RumahTags:
No Response

Leave a reply "Cara Lindungi Anak dari Pelecehan Seksual"