Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Para Pemula

Ada 3 cara mengendarai mobil matic paling dasar yang wajib Anda ketahui. Meskipun ada perbedaan mendasar pada langkah-langkah berkendara mobil manual namun sebenarnya secara garis besar mirip. Mungkin hanya ada beberapa saja yang menjadi pembedanya.

 

 

 

SeribuCara – Tak hanya mobil manual saja, karena saat ini sudah ada versi terbaru yakni mobil matic. Jika dinilai dari perfoma sampai modelnya mobil jenis ini memang sangat cocok bagi kalangan milenial. Hanya saja bagi orang-orang yang belum pernah mencobanya harus mengetahui cara mengendarai mobil matic di bawah ini.

  1. Memastikan tuas ada pada posisi parkir atau P

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa mengemudikan mobil matic dengan manual itu sangat berbeda. Adapun langkah awalnya adalah memastikan tuas berada di posisi parkir atau P, namun posisi ini juga bisa berada angka N.

Jangan sampai Anda menempatkan tuas berada di poisisi R atau Reverse karena mobil matic tidak akan bisa dihidupkan. Disamping itu posisi R sendiri mempunyai arti sebagai mundur.

  1. Tidak diperbolehkan langsung menyalakan mesin

Sama halnya ketika Anda ingin berkendara dengan motor matic pasti ketika kunci diputar akan mengeluarkan bunyi dan itu harus ditunggu sampai mati. Nah, hal ini juga berlaku bagi mobil matic yang mengharuskan Anda untuk menunggu sampai jarum berputar serta indikator menyala.

Pasalnya tanda itu menjadi ciri bahwa kelistrikan pada mobil sudah menyala dan siap digunakan. Untuk itu cara mengendarai mobil matic yang satu ini haruslah benar-benar diterapkan supaya proses berkendara bisa berjalan dengan lancar.

  1. Injaklah pedal rem saat menghidupkan mobil atau starter

Pada jenis kendaraan tertentu Anda tidak usah menginjak pedal rem saat menstarter mobil. Akan tetapi tidak semuanya demikian, sehingga Anda pun wajib tahu tipe mobil apakah harus menginjak pedal rem terlebih dahulu atau bisa langsung nyala.

Jika memang membutuhkan maka Anda haruslah menginjak pedal ketika hendak mengendarai mobil. Karena tanpa melakukannya mobil tidak akan bisa dalam posisi hidup.

Itulah tadi penjelasan mengenai 3 cara mengendarai mobil matic paling dasar yang wajib Anda ketahui. Meskipun ada perbedaan mendasar pada langkah-langkah berkendara mobil manual namun sebenarnya secara garis besar mirip. Mungkin hanya ada beberapa saja yang menjadi pembedanya.

Leave a Reply