Fungsi Media Filter Air Pada Penjernih Air

0 15763

media filter penjernih air

Untuk menghasilkan alat penjernih air dengan hasil maksimal perlu didukung oleh media filter air yang tepat. Karena media filter airlah yang menentukan kualitas air yang ingin diperoleh.

Media filter yang tepat akan mampu menghilangkan zat-zat kimia maupun organik yang ada di dalam air seperti air berbau, keruh, kekuningan, berminyak, berkarat, atau berlumpur menjadi lebih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Lebih mudahnya yaitu, misalkan untuk mengatasi air berbau maka gunakan lebih media filter yang berfungsi menghilangkan bau. Begitu juga bila air mengandung minyak maka gunakan media filter yang berfungsi mengikat minyak.

Karena itu menentukan komposisi media filter tidak sama antara satu tempat dengan tempat lain. Karena setiap tempat tentu memiliki masalah air yang berbeda. Selain itu tujuan hasil penjernihan juga harus diperhatikan apakah untuk minum, rumah tangga atau kebutuhan lain.

 

Berikut adalah jenis media filter air dan fungsinya :

  1. Cartridge Spun merupakan media untuk menyaring polutan atau kotoran. Biasanya berukuran 1, 3, 5 mikron,
  2. Pasir Silika atau biasa disebut pasir kuarsa adalah untuk menghilangkan kandungan lumpur, tanah, partikel kecil dan sedimen pada air. Biasanya difungsikan sebagai pre-filter untuk diproses dengan filter berikutnya,
  3. Karbon aktif adalah produk olahan dari arang batok kelapa, kelapa sawit atau batu bara berfungsi untuk penyerap bau, menghilangkan warna kuning dan unsur yang merugikan di dalam kandungan air. Pembuatan karbon ini tanpa pencampuran kimia tertentu sehingga aman digunakan untuk keperluan pemfilteran. Karbon aktif atau active carbon memiliki daya serap yang tinggi dan mudah menjernihkan air.
  4. Manganese (Manganese Greensand Plus, Manganese Zeolit, Pasir Zeolit) adalah untuk menghilangkan kandungan Mangan dan lapisan atas berminyak di dalam air. (Cat : Air dengan kandungan mangan bila ditambahkan teh maka airnya berubah menjadi biru, bukan coklat atau kuning seperti warna teh pada umumnya). Salah satu cara menghilangkan kelebihan zat besi dan mangan dalam air yaitu dengan menggabungkan proses aerasi dan penyaringan dengan media filter pasir silika, mangan zeolit dan karbon aktif, atau dengan media mangan zeolit dan karbon aktif, bila dilengkapi dengan filter cartridge dan sterilisator Ultra Violet, dapat menghasilkan air yang langsung boleh diminum.
  5. Ferrolite berfungsi untuk menghilangkan kandungan besi tingkat tinggi yang ditandai dengan bau besi yang menyengat, Mangan, dan warna kuning pada air. Bentuk butiran ferrolite memiliki keunggulan berpori sehingga mudah menyerap besi dan mangan dan sangat stabil sebagai filter media baik secara fisik maupun kimia. Ferrolite memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah waktu cucinya sangat singkat dibanding media filter lainnya, kecepatan air bisa 10-30 m3/h dimana ini merupakan 2x kecepatan rata-rata filter umumnya dan pada periode tertentu harus dicuci dan tidak perlu dilakukan regenerasi dengan bahan kimia.
  6. Resin Kation untuk menghilangkan kandungan kapur, kalsium, magnesium pada air. Resin kation biasa digunakan untuk softener (pelembut) terhadap air yang tingkat kesadahannya tinggi. Air dengan kesadahan tinggi banyak mengandung kapur dan unsur Kalsium, Magnesium dalam jumlah tinggi. Mencuci baju dengan deterjen dan air dengan kesadahan tinggi, maka sabun atau deterjen tidak dapat menghasilkan busa yang banyak. Demikian juga jika digunakan untuk mandi menggunakan sabun mandi maka busanya sedikit dan terasa licin.
  7. Pasir Zeolit adalah produk tambang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen, memberikan segar dalam air dan menyerap zat kapur ringan dalam air. Mampu menyaring besi namun dalam jumlah tidak banyak. Sering digunakan dalam aquarium dan penjernihan air.
  8. Pasir aktif dalam istilah globalnya actived sand, mempunyai fungsi sebagai pengikat unsur besi/ ferrum (Fe), mangan(Mn), serta sulfida dalam air. Pasir aktif berbentuk padat, tahan terhadap tekanan air yang dikeluarkan oleh pompa atau pressure pump.
  9. Hidrogen Sulfida (H2S) merupakan salah satu penyebab bau dalam air, dapat difilter juga menggunakan pasir aktif. Pasir aktif mengkatalis tiga polutan di atas menjadi senyawa yang tidak larut dalam air, sehingga ketiga polutan di atas akan mengkristal dan terlepas dari kandungan air, paling tidak akan mengurangi intensitasnya dalam air yang melewati pasir aktif dalam filter.

Itulah media filter pada alat penjernih air beserta fungsinya. Semoga Bermanfaat.

 

Category: Rumah
No Response

Leave a reply "Fungsi Media Filter Air Pada Penjernih Air"