Penting ! Lakukan Langkah Ini Pada WordPress Baru Anda

0 1674

Seribucara – Setelah selesai menginstal WordPress baru biasanya kita langsung bernafsu untuk membuat postingan atau artikel. Tujuannya yaitu ingin melihat penampilan wordpress dengan sempurna. Kalau postingannya hanya satu tentu tampilan wordpress akan nampak kosong melompong.

Lebih baik lakukan pengaturan dan langkah di bawah ini sebelum anda membuat artikel. Mengapa ? untuk tujuan lebih jelasnya bisa dibaca di bawah

1. General Setting

Pada General Setting berisi tentang pengaturan judul blog/website, alamat blog/website juga pengaturan waktu yang akan tampil pada setiap postingan nanti.

Caranya yaitu buka Setting lalu pilih General

  • Site Title : isikan judul dari blog anda.
  • Tagline : isikan keterangan singkat tentang blog anda.
  • E-mail address : isikan alamat email anda (contoh : emailanda@gmail.com).
  • Time Zone : karna kita berada di Indonesia, pilih [UTC +7].
  • Date Format : beri tanda tik [ • ] pada [Custom] dan ganti kode disebelah kanan dengan kode ini [j F Y] .
  • Time Format : pilih format waktu sesuai keinginan anda.
  • Week Starts On : pilih [Monday].
  • Language: pilih [en – English].

Kemudian klik tombol [Save Changes].

2. Setting Permalink

Permalink yaitu susunan link yang akan tampil pada addres bar browser. Pengaturan permalink ini dilakukan untuk tujuan SEO. Untuk cara merubahnya yaitu, masuk pada menu Setting kemudian pilih permalink, lalu pada bagian Custom Structure isikan sesuai keinginan anda.

Permalink ini cukup penting untuk website kita. Google dan mesin pencari lainnya akan lebih mudah mengindeks konten web kita jika kita membuat permalink yang cocok untuk mesin pencari. Settingan default-nya adalah menggunakan page id. Namun saya sarankan, ubahlah settingan permalink berdasarkan postname, supaya URL link kita lebih SEO friendly.

Lakukan setting permalink ini saat awal yaitu saat belum membuat tulisan. Karena biasanya bila merubah permalink setelah membuat tulisan maka tulisan yang sudah dibuat akan error tidak bisa dibuka. Bayangkan kalau sudah membuat ratusan postingan dan semuanya error.

Pengalaman saya pernah merubah setting permalink dan ternyata postingan saya semuanya jadi error. Lalu saya coba kembalikan pada settingan permalink awal dengan harapan kembali normal. Ternyata apesnya masih tetap error. Oleh karena itu lakukan setting permalink saat awal atau jangan ubah setting permalink kalau sudah terlanjur membuat banyak postingan.

3. Aktivasi Akismet

Biasanya Plugin Akismet sudah terpasang secara default ketika wordpress diinstal. Akismet sendiri berfungsi sebagai coments filter, artinya komentar yang akan masuk akan di filter terlebih dahulu untuk dipilih apakah spam atau bukan.

Pengalaman saya bila belum diaktivasi biasanya wordpress kita akan kebanjiran komentar spam yang menurut saya tidak jelas dan aneh. Kebanyakan komen itu biasanya dalam bahasa Ingris yang entah darimana asalnya. Tentu sangat membosankan kalau setiap hari harus menghapus komen-komen tersebut.

Untuk cara mengaktifkat Akismet biasanya dibutuhkan API key. API key bisa didapat dengan mudah yaitu cukup lakukan registrasi di sini.

Category: Tutorial Wordpress
No Response

Leave a reply "Penting ! Lakukan Langkah Ini Pada WordPress Baru Anda"